Featured Post

Wae Rebo, Eksotisme desa adat terindah di puncak Flores

Wednesday, January 2, 2019

Trip to IPOH, Perak Malaysia (first day)

Mencoba white coffe old town, kopi khas Ipoh

Untuk menghabiskan libur akhir tahun saya memilih untuk mengunjungi salah satu kota di Negeri Jiran Malaysia. Kota yang saya ingin sekali kunjungi adalah kota Ipoh. Biasanya Ipoh hanya tempat transit dari Penang ke Kuala Lumpur atau sebaliknya. Namun Ipoh sendiri merupakan kota yang menurut saya pribadi sangat menyenangkan. Ipoh merupakan bekas kota tambang peninggalan kolonial Inggris. Desain arsitektur kuno kota ipoh sendiri menjadi daya tarik yang sangat indah dengan suasana yang nyaman dan kondusif.

Melalui Bandar Udara Kuala Namu ada penerbangan langsung ke Lapangan Udara Sultan Azlan Shah dengan maskapai penerbangan malindo. Saya memilih penerbangan di pagi hari dengan biaya tiket pesawat sekitar Rp. 500.000-an. Dari lapangan terbang Sultan Azlan Shah ada beberapa pilihan moda transportasi yakni bus dan taksi. Karna ini adalah perjalanan saya yang pertama di Ipoh saya memilih untuk naik taksi online Grab.

Selama di Ipoh saya menginap di French Hotel. Saya memilih hotel ini karena letaknya yang strategis di pusat kota Ipoh. Dari lapangan terbang ke hotel hanya memakan waktu perjalanan sekitar 22 menit.

Hotel French sendiri beralamatkan di 62. Jalan Datuk Onn Jaafar, Kampung Jawa, 30300 Ipoh, Negeri Perak, Malaysia. Tarif menginap di Hotel French juga terbilang murah yaitu sekitar Rp. 445.000 atau sekitar RM. 13.00.  Harga tersebut sangat worth it dengan fasilitas dari hotel yang sangat hangat dan nyaman.

Kalau buat saya pribadi French Hotel memiliki 2 kelebihan yang pertama bersebrangan dengan KFC hihii jujur aja KFC di Malaysia jauh lebih enak dibandingkan KFC di Indonesia. Yang kedua disebelah French hotel ada penyewaan sepeda melalui aplikasi Bike sehingga kita bisa lebih puas menikmati jalanan kota Ipoh menggunakan sepeda didukung nuansa kota Ipoh yang oldskul.

Saya check in sekitar pukul 15.00 dan langsung keluar hotel untuk pergi ke Mural Art Lane Ipoh dengan menggunakan sepeda hanya 25 menit.

Mural Art Lane Ipoh adalah tempat yang sangat iconic. Awal mula tempat ini adalah seorang pelukis mural bernama Ernest Zacharevic warga Lithuania yang membuat kota tua Ipoh menjadi tempat yang memiliki seni tinggi bukan hanya dari arsitektur tapi juga setiap detail dari gambar mural yang ditampilkan.

Terdapat banyak mural disepanjang jalan ini ada beberapa mural yang sangat terkenal dan unik salah satunya mural yang terletak di Plan B by Big.

Namun Old Town Ipoh sendiri sangat dikenal dengan kenikmatan white coffee yang sangat melegenda. Letak nya hanya beberapa meter dari mural art lane. Jika kalian jalan terus dan melihat mural yang sangan terkenal di ipoh dengan gambar seorang pria tua yang meminum kopi artinya kalian sudah berada di kedai white kopi.

Ada banyak pilihan kedai kopi disini tetapi saya memilih kedai kopi Sin Yoon loong. Kedai kopi ini adalah kedai kopi putih pertama di Ipoh. Sebagai pelopor kedai white coffee yang sudah ada sejak 1937 ini tetap mempertahankan originalitas hasil racikan kopi yang merupakan olahan keluarga. Pemilik kedai kopi ini adalah Wong Poh Chew dia berhasil meracik kopi khas Ipoh yang memiliki karakteristik biji kopi berwarna putih pucat dengan acidity yang cukup mild.

Kopinya memang memiliki rasa yang khas karena ditambahkan beberapa rempah yang membuat rasa kopi semakin nikmat. Harganya juga sangat murah segelas kopi hanya RM. 2.10 atau sekitar Rp. 7.500.
Kedai kopi Sin Yoon Loong berlokasi di 15A. Jalan Bandar Timah, 30000 Ipoh, Negeri Perak, Malaysia. Buat kalian yang mau berwisata ke Ipoh wajib banget cobain white coffee old town Ipoh.

Saat malam Ipoh juga menawarkan beberapa tempat iconic Ipoh yang ramai, unik dan tidak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah Dataran MBI Ipoh. Ipoh Night Market yang terletak di sisi Majlis Bandaraya Ipoh ini memiliki tiga tempat makan seperti food court makan, bar, dan dihujung ada food court khusus desert.

Malam ini saya akan mencoba makan sup yang terkenal di dataran Ipoh yakni Sup Mak Endah.

Saya lupa sup ini harganya berapa tetapi terbilang murah juga. Karna semangkuk sup banyak isi dagingnya dan rempahnya juga sangat nikmat. WAJIB COBA. Sebagai penutup saya berjalan sekitar 300 meter ke tempat makan khusus desert.

Kedai desert Sun Yoon Wah adalah kedai yang sangat ramai pengunjung. Dataran MBI Ipoh sendiri terletak di Ipoh Town Gerai 8, MBI Terrace, Greentown

Hari pertama di ipoh banyak saya habiskan tuk menikmati makanan khas untuk tempat wisata menarik lainnya akan saya sambung di blog berikutnya. Karna Ipoh adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi dengan banyak destinasi liburan.

To be continue for second day....
Baca juga : Trip to Ipoh Perak Malaysia (second day)

#Ipoh #Ipoh,Perak #dataranmbiipoh #MBIIpoh #MuralArtLane #MuralIpoh #oldtownipoh #whitecoffeeipoh #oldtownwhitecoffee #gerbangmalam #gerbangmalamipoh